Minggu, 21 November 2010

Monster Hunter : Weapon Type


WEAPON DALAM GAME MONSTER HUNTER

Weapon (senjata) yang ada di game monster hunter terbagi menjadi dua kategori, yaitu Blademaster weapon dan Gunner weapon. Berikut ini adalah jenis-jenis senjata yang ada dalam game Monster Hunter sampai saat ini:


·                Blademaster weapon

Ø Sword and Shield (SnS)

Sword and Shield atau yang biasa disingkat sebagai SnS, merupakan sebilah pedang yang dipasangkan dengan sebuah perisai. Karena beratnya yang ringan, pengguna senjata ini dapat bergerak, menyerang, dan menghindari serangan lawan dengan lebih leluasa. Dengan tingkat mobilitas yang tinggi dari sebilah pedang berbobot ringan dan dipadukan dengan sebuah perisai yang mampu menangkis serangan lawan, Pengguna SnS memiliki tingkat survivabilitas yang paling tinggi dibandingkan pengguna senjata lainnya.

Walaupun SnS memiliki daya serang yang cukup rendah, pengguna SnS mampu melancarkan beberapa serangan dengan cepat. Selain itu, banyak senjata bertipe SnS dilengkapi dengan serangan elemental (Elemen: Api, Air, Es, Listrik, Naga) atau abnormal status (Poison: Meracuni lawan, Paralyze: Melumpuhkan lawan, Sleep: Membius lawan). Dengan kecepatan serangan yang tinggi, pengguna SnS mampu meracuni, melimpuhkan, dan membius lawan dengan lebih cepat.

Ø Dual Sword (DS)

Dual Sword atau yang biasa disingkat sebagai DS, merupakan dua bilah pedang yang digunaan bersamaan. Senjata ini terkenal dengan kecepatan serangan dan kemampuan maneuver-nya yang sangat tinggi, lebih tinggi dari SnS. Pengguna DS juga memiliki kemampuan “Demonized Mode” yang mampu memperkuat dan mempercepat serangannya. Selain itu, Pengguna DS juga memiliki salah satu jurus combo terkuat, yaitu “Demonized Dance” yang menghasilkan serangan serangan beruntun dengan kecepatan tinggi dan daya rusak yang dasyat.
Walaupun “Demonized Dance” mampu menghasilkan serangan dengan kecepatan dan daya rusak yang tinggi, tapi jurus ini membebani otot lengan sehingga akan menimbulkan celah terbuka bagi lawan untuk menyerang sesaat setelah sang pengguna melakukan jurus ini. Selain itu, DS tak dapat digunakan untuk memblokir serangan lawan. Seperti halnya SnS, banyak senjata bertipe DS juga dilengkapi dengan serangan elemental dan abnormal status, hanya saja serangan abnormal statusnya tidak sebaik SnS.

Ø Great Sword (GS)

Great Sword atau yang biasa disingkat sebagai GS, merupakan sebilah pedang yang berat dan berukuran besar. Dengan membawa beban dan ukuran GS yang cukup besar, agak sulit bagi penggunanya untuk bergerak dan menyerang dengan cepat. Walaupun begitu, senjata ini mampu menghasilkan serangan yang kuat dalam satu tebasan.

Sejak game Monster Hunter 2 Dos~ dirilis, GS semakin diperkuat dengan diberikannya kemampuan “Great Sword Charge” bagi para penggunanya. Jurus ini dilakukan dengan momfokuskan energi ke lengan dan pedang selama beberapa saat, lalu menghempaskannya dalam satu tebasan. Hanya saja, jurus ini membuat penggunanya tak bisa bergerak saat memfokuskan energi serta membutuhkan waktu untuk menghasilkan daya serang yang maksimal, sehingga diperlukan timing yang sesuai agar jurus ini dapat mengenai lawan. Selain itu, penggunanya mampu menangkis serangan lawan dengan senjata ini. Karena mobilitas yang rendah dan perlu timing yang sesuai untuk mengenai lawan, diperlukan latihan untuk menguasai penggunaan senjata ini secara optimal.

Ø Long Sword (LS)

Long Sword atau yang biasa disingkat sebagai LS, merupakan sebilah pedang yang panjang yang bentuknya mirip “Katana” (Pedang tradisional Jepang). Senjata ini muncul sejak dirilisnya game Monster Hunter 2 Dos~. Senjata ini terkenal karena jangkauan serangannya yang cukup luas dan penggunanya mampu menyerang dengan kecepatan yang baik (Walaupun tidak secepat DS dan SnS).

Walaupun tidak sekuat GS dan tak dapat digunakan untuk menangkis serangan lawan, senjata ini memiliki daya serang yang cukup kuat. Dan karena beratnya yang cukup ringan, penggunanya juga mendapatkan tingkat mobilitas yang setara dengan DS dan SnS. Selain itu, LS juga memiliki jurus combo yang bernama “Spirit Attack”. Jurus ini dilakukan dengan menghempaskan tiap kekuatan semangat yang dimiliki sang pengguna kedalam tiap serangan yang dilancarkannya.

Ø Hammer

Hammer merupakan sebuah palu besar yang digunakan dalam pertempuran (War Hammer). Senjata ini memiliki daya hancur yang sangat dasyat. Senjata ini sangat efektif digunakan untuk memecahkan benda-benda keras seperti batu karang atau cangkang monster yang keras. Walaupun kecepatan serangannya relatif lambat, namun tingkat mobilitasnya masih cukup tinggi. Hanya saja, senjata ini tak bisa digunakan untuk menangkis serangan musuh.

Sama seperti Pengguna GS, Pengguna Hammer memiliki jurus yang memfokuskan energinya ke lengan dan senjata yang disebut “Hammer Charge”. Hanya saja, penggunanya mampu bergerak leluasa saat melakukan “Charge”. Selain itu, jurus “Hammer Charge” juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu “Super Pound” dan “Golfswing Attack”.

Jurus “Super Pound” dilakukan dengan mengerahkan seluruh energi yang telah difokuskan untuk memberikan pukulan ke tanah, menimbulkan pressure bomb (Ledakan yang terjadi karena tekanan) dan guncangan yang dasyat serta melukai setiap lawan yang beraada pada area yang terkena dampak serangan tersebut. Sedangkan “Golfswing Attack” dilakukan dengan memanfaatkan energi yang difokuskan dan berat dari Hammer untuk melakukan serangan berputar (Seperti tornado) dan jika timing-nya tepat, diakhiri dengan satu pukulan dasyat yang disebut “Golfswing Finisher”.

Selain itu, apabila Hammer digunakan untuk menyerang kepala lawan, lama-kelamaan kepala lawan akan terasa pusing dan membuatnya tumbang selama beberapa saat, yang biasa disebut dengan istilah KO (Knock-Out). Hal ini menimbulkan celah terbuka bagi pengguna Hammer untuk melakukan serangan. Sama seperti GS, penggunanya perlu berlatih untuk menguasai timing agar mampu menggunakan potensi Hammer secara optimal.

Ø Hunting Horn (HH)

Hunting Horn atau yang biasa disingkat sebagai HH, merupakan sebuah senjata yang biasanya berbentuk Horn yang dibuat dari bahan yang cukup kuat (Horn: Sejenis alat musik yang bentuknya seperti gabungan antara seruling dan terompet yang berukuran besar). Senjata ini muncul sejak dirilisnya game Monster Hunter 2 Dos~. Sama seperti Hammer, apabila HH digunakan untuk menyerang bagian kepala lawan, lama-kelamaan kepala lawan akan terasa pusing dan membuatnya tumbang (KO) selama beberapa saat.

Kemampuan serangan dari senjata ini relative rendah dan tak bisa digunakan untuk menangkis serangan musuh, namun senjata ini dapat digunakan untuk memainkan “War Song” (Lagu Perang) yang mampu membangkitkan semangat dan memberikan efek positif bagi rekan dalam kegiatan perburuan. Tiap “War Song” yang dapat dimainkan oleh senjata ini memiliki efek yang berbeda, ada yang berguna untuk meningkatkan semangat rekan dalam menyerang atau bertahan, ada yang berfungsi menjernihkan pikiran rekan sehingga meningkatkan kemampuan regenerasi mereka, ada yang berfungsi memulihkan tenaga dan stamina rekan, dll.

Ø Lance

Lance merupakan senjata yang menyerupai tombak panjang dengan jarak jangkauan yang cukup jauh. Lance juga dilengkapi dengan sebuah perisai berukuran besar yang membuat penggunanya memiliki tingkat pertahanan yang paling tinggi dibandingkan pengguna senjata lainnya. Walaupun beban yang berlebih membuat mobilitas penggunanya menjadi rendah, namun mampu menghasilkan sejumlah serangan yang cukup baik bila digunakan oleh orang yang ahli menggunakannya.

Sejak game Monster Hunter Tri~ dirilis, Lance semakin diperkuat dengan diberikannya kemampuan “Lance Counter Charge” bagi para penggunanya. Jurus ini dilakukan dengan cara memfokuskan energi ke lengan yang memegang senjata sambil melindungi diri dengan perisai, lalu menghempaskannya dalam satu tusukan ketika serangan musuh berhasil ditangkis. Hanya saja, jurus ini membuat penggunanya tak bisa bergerak saat memfokuskan energi serta membutuhkan waktu untuk menghasilkan daya serang yang maksimal, sehingga diperlukan timing yang sesuai agar jurus ini dapat mengenai lawan.

Ø Gun Lance (GL)

Gun Lance atau yang biasa disebut sebagai GL, merupakan weapon yang bentuknya menyerupai Lance dengan sedikit penambahan mekanisme didlamnya sehingga mampu menembakkan ledakan mesiu dengan jarak tembak yang relatif rendah. Senjata ini muncul sejak dirilisnya game Monster Hunter 2 Dos~. GL juga dilengkapi dengan mekanisme khusus untuk menembakkan ledakkan mesiu dengan radius dan daya ledak yang dasyat yang disebut “Wyvern Fire”. Hanya saja, hal ini membuat mekanisme yang ada dalam senjata ini menjadi over-heat sehingga membutuhkan waktu beberapa lama agar bisa menggunakan “Wyvern Fire” kembali. Selain hal tersebut, cara penggunaannya hampir sama dengan Lance.

Ø Switch Axe (SA)

Switch Axe atau yang biasa disingkat sebagai SA, merupakan sebuah senjata yang berasal dari ide untuk menggabungkan Axe (Kapak) yang memiliki tingkat mobilitas yang setara dengan LS dengan GS yang memiliki daya serang yang kuat. Senjata ini muncul sejak dirilisnya game Monster Hunter Tri~. SA memiliki dua mode, yaitu “Axe Mode” dan “Sword Mode”. Saat dalam “Axe Mode”, tingkat mobilitas dan kecepatan serangannya cukup baik, hampir setara dengan LS. Saat dalam “Sword Mode”, tingkat mobilitas dan kecepatannya menurun, namum daya serangnya meningkat drastis, hampir setara dengan GS. Selain itu, SA juga dilengkapi dengan mekanisme yang mampu mengeluarkan “Energy Explosion”, yaitu ledakan dasyat yang berasal dari energi yang telah diserap dari lawan saat sang pengguna SA menyerang lawannya ketika senjata dalam kondisi “Axe Mode”.

·                Gunner weapon

Ø Light Bow Gun (LBG)

Light Bowgun atau yang biasa disingkat sebagai LBG, adalah senjata yang bentuknya menyerupai Crossbow (Panah yang mekanismenya seperti senapan) dengan berat yang ringan. Hal ini memungkinkan penggunanya leluasa dalam bergerak dan mampu menembakkan peluru panah dengan cepat karena beratnya relatif ringan. Walaupun tingkat mobilitasnya tinggi, kekuatan tembakan yang dimiliki LBG relatif rendah. Namun beberapa senjata bertipe LBG mempunyai mekanisme untuk melancarkan serangan Rapid Fire”, yang memungkinkan penggunanya untuk menembakkan beberapa peluru secara beruntun.

Ø Medium Bow Gun (MBG)

Medium Bowgun atau yang biasa disingkat sebagai MBG, adalah senjata yang bentuknya menyerupai Crossbow (Panah yang mekanismenya seperti senapan) dengan berat yang relatif standard. Pengguna MBG masih dapat bergerak dengan leluasa, tetapi kekuatan tembakannya cenderung lebih kuat daripada LBG. Hanya saja, kecepatan tembakannya cenderung lebih lambat daripada LBG. Untuk saat ini, MBG hanya tersedia di game Monster Hunter Tri~.

Ø Heavy Bow Gun (HBG)

Heavy Bowgun atau yang biasa disingkat sebagai HBG, adalah senjata yang bentuknya menyerupai Crossbow (Panah yang mekanismenya seperti senapan) dengan bobot yang berat. Hal ini membuat penggunanya agak sulit untuk bergerak. Selain itu, kecepatan tembakan yang dimiliki HBG cenderung lebih lambat dibandingkan dengan LBG dan MBG. Walaupun begitu, kekuatan tembakan yang dimiliki senjata ini jauh lebih kuat dibandingkan dengan LBG dan MBG. Pengguna HBG dapat melengkapi senjata ini dengan “Perisai” untuk menangkis serangan lawan atau “Power Barrel” untuk meningkatkan kekuatan tembakan yang dimiliki senjata ini.

Ø Hunting Bow

Hunting Bow adalah senjata yang terdiri dari busur dan panah. Senjata ini muncul sejak dirilisnya game Monster Hunter 2 Dos~. Senjata ini memiliki tingkat mobilitas yang tinggi serta memiliki “Charge Attack” yang hampir mirip dengan Hammer. Penggunanya mampu bergerak dengan leluasa saat melakukan “Charge”. Namun jenis serangan yang dihasilkan dari tiap “Charge” berbeda, tergantung pada mekanisme yang terdapat pada setiap senjata bertipe Hunting Bow.

Artikel yang terkait:
Monster Hunter : Hunt or Be Hunted!

Sumber:

2 komentar:

Anonim mengatakan...

wiehh keren
gan senjata terkuat menurut agan apa?

Unknown mengatakan...

Medium Bow Gun O_o

Posting Komentar