Kamis, 25 November 2010

Kucing : Hal-Hal yang Mempengaruhi Kesehatan Kucing


HAL-HAL YANG MEMPENGARUHI KESEHATAN KUCING

Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan berbagai faktor pendukung yang membuat kesehatannya tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi kesehatan kucing anda:

1.      Kebersihan Tempat Tinggal Kucing

Tempat tinggal yang sehat pasti akan membuat penghuninya merasa lebih nyaman didalamnya, begitu juga kucing. Jika tempat tinggalnya bersih, ia akan merasa lebih nyaman dan kemungkinan terjangkit penyakit akan menurun.

Jika kucing anda tinggal di kandang,  Pastikan kandang kucing maupun alat pendukungnya seperti tempat makan, tempat minum, tempat kotoran selalu dibersihkan dan didesinfikasi secara rutin. Untuk melakukan desinfikasi, triknya adalah dengan menggunakan cairan pemutih pakaian yang mengandung 0,17% sodium hiplorida (Bisa tanya kepada penjualnya atau lihat langsung pada kemasannya) untuk membersihkan kandang. Jika kucing anda tinggal di teras rumah, balkon rumah, atau tempat lain yang membuatnya bebas berkeliaran keluar, cukup bersihkan  dengan disapu dan di pel secara rutin.

2.      Keadaan Lingkungan

Keadaan lingkungan yang baik juga mempengaruhi kesehatan kucing. Usahakan kucing dipelihara di tempat yang terkena sinar matahari, mengapa? Karena pada bulu kucing, ada suatu zat yang apabila dijemur dibawah sinar matahari, akan berubah menjadi vitamin D yang nantinya akan dijilati oleh si kucing. Jadi selain untuk menjaga kebersihan badannya, kucing menjilati bulunya juga untuk mengkonsumsi vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan cakarnya. Tempat dimana kucing dipelihara juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik agar udara yang dihirupnya selalu fresh.

3.      Populasi

Luas tempat tinggal kucing harus sesuai dengan jumlah populasi kucing yang ada. Jika populasinya berlebih dan tidak sesuai dengan kapasitas tempat tinggal, kucing akan merasa tidak nyaman dan menyebabkan penyakit mudah menular dari satu kucing ke kucing lainnya.
Selain itu, jangan langsung meletakkan “kucing baru” ke tempat tinggal “kucing lama”. Kucing bersifat teritorial, mereka akan berusaha mencegah kucing asing yang memasuki wilayah mereka, yang kemungkinan besar akan menyebabkan perkelahian dan memungkinkan kedua belah pihak (“kucing lama” maupun “kucing baru”) terluka. Jika tidak ditangani, akan luka kucing akan beresiko terinfeksi. Jika ingin menggabungkan mereka dalam satu tempat, lakukan secara berkala dengan memberi sekat atau penghalang diantara kedua belah pihak. Setelah mereka sudah merasa nyaman dan terbiasa, barulah sekatnya atau penghalangnya dapat dilepas.

4.        Kebersihan serta Kualitas Makanan dan Minuman

Kebersihan serta kualitas makanan dan minuman sudah pasti mempengaruhi kondisi kesehatan si kucing. Dengan memberikan makanan yang bersih dan bernutrisi tinggi, kucing akan menjadi sehat, pertumbuhannya baik, dan daya tahan tubuhnya meningkat sehingga mengurangi kemungkinan terjangkit berbagai penyakit.

Jika si kucing sehat, maka ia akan dapat berlari, bermain dan melakukan aktivitas lain dengan leluasa. Dengan melihat kucing kita yang sehat, hati dan pikiran kita juga akan menjadi tenang dan kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengobati si kucing ke dokter hewan.

Artikel yang terkait :

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar