Minggu, 13 November 2011

MySQL Query


MySQL Query

A.     Pengertian
mysql_query() adalah salah satu fungsi dalam pemrograman web PHP yang digunakan untuk mengirimkan statement query dari halaman web kedalam database MySQL.

B.      Cara Penulisan
Cara penulisan fungsi mysql_query() adalah sebagai berikut:
mysql_query(query, connection)
Dengan query sebagai statement yang digunakan untuk memanipulasi database seperti select * from nama_tabel; atau insert into nama_tabel(kolom_1, kolom_2, kolom_n) values(nilai_1, nilai_2, nilai_3);, Sedangkan connection sebagai statement yang digunakan untuk melakukan koneksi ke database yang ingin dimanipulasi. Jika connection tidak dijabarkan, maka koneksi database yang terakhir dieksekusi yang akan digunakan.

Contoh:
<?php
$con = mysql_connect(“localhost”, “user_mysql”, “password_mysql”);
If(!$con)
{
    die(‘Koneksi gagal’.mysql_error());
}
mysql_query(“SELECT * FROM nama_tabel”);
?>

C.      Return Values (Nilai Kembali)
Fungsi mysql_query() memiliki nilai kembali yang bergantung pada command query yang dikirimkan.
Apabila statement query yang dikirimkan adalah statement yang menghasilkan resultset seperti SELECT, DESCRIBE, EXPLAIN, SHOW, atau sebagainya, nilai kembali yang dihasilkan fungsi mysql_query() jika sukses dijalankan adalah query handle atau output yang dihasilkan dari statement query tersebut. Jika gagal dijalankan, nilai kembali yang dihasilkan adalah FALSE.
Untuk statement query lainnya seperti INSERT, UPDATE, DELETE, atau sebagainya, nilai kembali yang dihasilkan fungsi mysql_query() jika sukses dijalankan adalah TRUE. Jika gagal dijalankan, nilai kembali yang dihasilkan adalah FALSE.

0 komentar:

Posting Komentar